Thursday, August 21, 2014

Cara Membuat Dual GSM Smartfren Andromax C




Dual GSM Smartfren Andromax C
Kali ini saya akan berbagi tentang Cara Membuat Dual GSM Smartfren Andromax C Jelly Bean. Banyak alasan untuk membuat Andromax C menjadi dual GSM. Mungkin karena di daerah tempat tinggal nggak ada sinyal Smartfren, atau mungkin paketnya terlalu mahal. Saya sendiri saat ini menggunakan trik cara membuat dual GSM ini di Andromax C milik pribadi dan berjalan lancar. Hanya saja memang ada sedikit bug di dalamnya.

Oke, langsung saja untuk menjalankan trik Dual GSM ini, perlu perhatikan syarat-syarat berikut ini.
  • Andromax C versi Jelly Bean
  • Sudah di root
  • Terinstall CWM, kalau belum baca cara install CWM di Andromax C
  • Tidak menjalankan trik internetan dengan GSM Andromax C
Setelah semua syarat di atas terpenuhi, kita akan unlock CDMA agar bisa menggunakan dual GSM. Sebelumnya, kita akan backup dulu MEID agar jika kita ingin meng lock CDMA lagi, kita bisa gunakan MEID ini. Untuk melakukan backup, silahkan buka terminal emulator, dan ketikkan kode berikut ini.
su
cat /proc/partitions
dd if=/dev/block/mmcblk0p6 of=/sdcard/mmcblk0p6
dd if=/dev/block/mmcblk0p7 of=/sdcard/mmcblk0p7
dd if=/dev/block/mmcblk0p8 of=/sdcard/mmcblk0p8

NB : 0 = nol
maka, akan terdapat 3 file mmcblk0p6, mmcblk0p7, mmcblk0p8 di dalam sd card. Silahkan download CDMA lock di sini, dan masukkan ketiga file tersebut ke dalam lock_mdm_maxC-jb.zip tersebut. File tersebut dapat digunakan untuk me lock CDMA lagi.

Proses backup lock CDMA selesai. Kita lanjut untuk unlock CDMA nya. Pertama, silahkan download file untuk unlock di sini dan letakkan di sdcard.

Selanjutnya masuk ke CWM Recovery, kemudian install Unlock_cdma_MaxC_JB.zip. Selanjutnya, reboot perangkat, masuk ke System settings > about > status pastikan MEID menjadi 00000000

Selanjutnya, buat shortcut dengan menggunakan anycut, pilih Activity > Testing. Di dalam home screen akan terdapat shortcut Testing, buka shortcut tersebut dan pilih phone information, pilih SLOT1. Scroll ke bawah, akan terlihat menu CDMA auto (PRL). Ganti menjadi GSM/CDMA auto (PRL).

Matikan perangkat Smartfren Andromax C, dan masukkan kartu GSM di slot 1 (slot CDMA), dan nyalakan Andromax C. Tunggu hingga sinyal G muncul di SIM 1.

Trik ini memiliki kelemahan antara lain :
1. Jika dicharge dalam kondisi mati, akan nyala sendiri
2. Jika ada panggilan masuk, akan terjawab secara otomatis.
3. Mode Penyimpanan USB tidak bisa digunakan.
4. SMS yang diterima terkadang pending.

Demikian tulisan singkat saya tentang cara membuat dual gsm smartfren andromax C Jelly Bean. Semoga dapat membantu. *Smartphone need a smart user.